EKONOMI ISLAM

SKS : 3 SKS

PENGAJAR ; Wasti Reviandani SE, M.M.

No. HP: 0818511224/ email :reviandaniwasti@gmail.com

 

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum.

Alhamdulillah, tetap semangat dan semoga kita semua selalu dalam ridho dan kemudahan Allah. In syaAllah dalam satu semester kedepan kita akan mempelajari tentang EKONOMI ISLAM

Berikut disajikan hal-hal yang perlu dipahami :

1.    Strategi Perkuliahan

Perkuliahan dilaksanakan dengan off line/tatap muka dan on line, diskusi, demonstrasi dan pemecahan masalah.  On line melalui media :

a. Spada

b. Google classroom

c. Zoom

KEBIJAKAN KAMPUS DIHARUSKAN Off line dan online spada, tetapi jika ada satu lain hal dengan jaringan spada maka menggunakan point b dan c.

Materi Kuliah 

Referensi Utama:

Reviandani Wasti, Ekonomi Islam, 2023, Indomedia Pustaka, Sidoarjo

.    Tugas – Tugas

a.    Hasil diskusi dari setiap proyek dikumpulkan sebelum presentasi.

b.    Setiap mahasiswa secara individu ataupun kelompok mengerjakan tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya atau waktu yg ditetapkan, melalui upload spada atau media yang ditentukan. 

c.   Semua tugas tertulis pengumpulan secara kolektif melalui ketua kelas. 

3.   Penilaian dan Kriteria Penilaian

a.  Komponen yang dievaluasi: Tugas, presentasi , kuis, Uji Kompetensi Capaian Pembelajaran termasuk sikap, keaktifan dan absensi.

b. Absensi lulus minimal 75 % kehadiran 

c.  Uji kompetensi tengah semester dan akhir semester diadakan pada minggu ke delapan dan minggu ke enam belas. Ujian berupa tes tulis dalam bentuk esai.

d. Indikator penilaian: kebenaran konsep, ketepatan dan keruntutan langkah pembuktian, ketajaman analisis.

e.  Bobot penilaian

Penilaian dilakukan berdasarkan Tes Tertulis, Lisan, Penilaian/Evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap.

f. Kriteria Penilaian

Nilai huruf

Skala 0-4

Nilai angka

A

4

80-100

AB

3.5

71-79

B

3

66-70

BC

2.5

61-65

C

2

56-60

D

1

46-55

E

0

0-45

 

4. Ketentuan lain-lain

a. Waktu

1)       Toleransi masuk Kelas bagi Mahasiswa/Mahasiswi selama 10 menit  dari jadwal yang telah ditetapkan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) merupakan batas akhir mahasiwa/mahasiswi masuk ruang kuliah/kelas on line

2)       Bagi Dosen jika 15 menit dari jadwal yang dimaksud pada point 1) belum hadir, Mahasiswa bisa meninggalkan ruang kuliah/kelas kecuali sdh ada info sebelumnya tentang keterlambatan tersebut.

b. Pakaian

1)       Pakaian yang harus dipakai oleh Mahasiswa/Mahasiswi adalah pakaian Rapi, Bersih dan Sopan atau Pakaian Almamater. Dan bagi Mahasiswi diharuskan menggunakan rok, selalu memakai jilbab/kerudung dan tidak diperbolehkan memakai pakaian yang ketat, transparan dan sejenisnya.

2)       Bagi Mahasiswa tidak boleh memakai kaos oblong atau apapun yg berbahan kaos, sejenisnya.

3)       Bagi Mahasiswa/Mahasiswi diharuskan memakai sepatu.

4)       Didalam Kelas tidak diperbolehkan memakai tutup kepala berupa topi Olah Raga atau topi Rekreasi, kecuali songkok dan sejenisnya.

5)       Bagi Mahasiswa dilarang merokok di dalam kelas pada saat kuliah berlangsung.

6)       Bagi Dosen juga menyesuaikan, jika menggunakan pakaian yang aneh-aneh atau tidak sopan mahasiswa berhak mengingatkan.

c.   Komunikasi :

1)       Pada saat kuliah berlangsung HP. dan sejenisnya yang dimiliki Mahasiswa/Mahasiswi dan Dosen harus dimatikan dan atau di getar,  tidak diperbolehkan menerima telepon di ruang kuliah/kelas.

2)       Jika ada Orang Tua, Saudara dan Teman yang ingin bertemu dengan Mahasiswa/Mahasiswi pada saat kuliah berlangsung harus mendapat ijin terlebih dahulu dari  Ka Prodi, TU atau  Dosen pengampuh yang bersangkutan.

3)       Bagi Mahasiswa/Mahasiswi  yang berhalangan hadir atau tidak masuk kuliah harus ada surat keterangan/ijin dari dirinya sendiri, orang tua atau Lembaga bagi yang sudah bekerja dan tidak berlaku ijin memlalui SMS, WA dan Telephon.

4)       Pada saat CPK / Ujian dilaksanakan Tas dan HP yang di miliki mahasiswa dan Mahasiswi di letakkan di depan kelas.

5)      Khusus kuliah on line  mahasiswa harus berpartisipasi aktif dalam chat atau responsif dan tidak boleh meninggalkan kelas on line selama kuliah online berlangsung.

6)     Jika ada materi yg kurang jelas dapat menanyakan kepada dosen dengan bahasa Indonesia dan tata cara komunikasi formal.

7)    Saat kuliah dengan media Zoom, semua kamera harus aktif

5.    Penutup

1)       Kontrak ini berlaku mulai tanggal kesepakatan; .

2)       Kontrak ini sewaktu-waktu bisa berubah, apabila ada petunjuk  atau ketentuan baru  dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis  Universitas Muhammadiyah Gresik