Mata Kuliah ini ditempuh di Semester III, dengan bobot 3 sks (Teori 2 sks, Praktikum 1 sks).

Deskripsi: 

Mata kuliah Genetika dan Pemuliaan Ikan membahas peran faktor genetik dalam menunjang keberlangsungan usaha budidaya ikan, sifat ikan, konsep dasar pewarisan sifat, Hukum Genetika Mendel, substansi genetic ikan, fitness ikan budidaya, Pemuliaan Ikan, selective breeding, dan mitigasi/manajemen unintended effect dari program pemuliaan ikan.

CPMK: 

1. Menjelaskan efek penurunan mutu genetik ikan akibat kegiatan budidaya ikan; 2.  Menguasai konsep genetika Mendel didukung pemahaman genetika molekuler; 3.  Menjelaskan mekanisme pewarisan sifat kualitatif dan kuantitatif berorientasi pada fitness ikan budidaya; 4.   Menjelaskan teknologi pemuliaan ikan yang berkelanjutan.

Sub CPMK:

1.      Mahasiswa mampu mengidentifikasi fenomena penurunan mutu genetik yang terjadi dalam kegiatan pembudidayaan ikan.

2.      Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara menurunnya produksi ikan dengan mutu genetik.

3.      Mampu menjelaskan sifat (trait) ikan berkaitan dengan produktivitas ikan budidaya melalui konsep pewarisan sifat berdasarkan Hukum Mendel (Mendelian Inheritance).

4.      Mahasiswa mampu menjelaskan struktur kromosom ikan, substansi penyusun, dan perannya dalam pewarisan sifat ikan secara lengkap dan sistematis.

5.      Mahasiswa mampu menjelaskan fakor-faktor yang mempengaruhi fitness ikan budidaya.

6.      Mampu menjelaskan selective breeding untuk memperbaiki mutu genetik ikan budidaya.

7.      Mampu mempresentasikan teknologi pemuliaan ikan di level kromosom dan molekuler yang diterapkan dalam bidang akuakultur.

8.   Mampu menjelaskan efek yang tak diharapkan dari pemuliaan ikan dan manajemen mitigasi.